Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack tidak lagi mendukung CSS Kustom. Baca dokumentasi WordPress.org untuk mempelajari cara menerapkan gaya kustom untuk situs Anda: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u7916838/public_html/domain/fajarnurzaman.net/wp-includes/functions.php on line 6078
5 Tips Lawan Rasa Malas Kerja Usai Libur Panjang, Jadi Semangat Lagi! - Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar

5 Tips Lawan Rasa Malas Kerja Usai Libur Panjang, Jadi Semangat Lagi!

5 Tips Lawan Rasa Malas Kerja Usai Libur Panjang, Jadi Semangat Lagi!

  1. Beri Jeda Setelah Liburan

Sepulang dari liburan, beri waktu agar kamu bisa beradaptasi sebelum memulai aktivitas dan bekerja seperti sedia kala. Konsultan Psikologi Alexander Caillet dikutip dari laman NBC News mengatakan setidaknya siapkan jeda satu hingga 2 hari untuk beristirahat sejenak.

“Perubahan dalam sekejap dari posisi kita sebelumnya saat liburan, ke hari kita harus beraktivitas normal bisa membuat tubuh ‘shock’. Apalagi kalau liburannya cukup panjang dan intens,” kata Caillet.

  1. ‘Reset’ Pikiran

Setelah libur panjang, biasanya rasa lelah dan enggan beraktivitas kerap dialami. Hal ini sering disebut juga sebagai ‘jet-lag sosial’. Sebab selama masa liburan, pola dan gaya hidup kamu berubah. Seperti tidur larut malam, kemudian mematikan alarm di pagi hari sehingga bangun lebih siang, makan yang kurang diatur hingga sering mengonsumsi junk food atau camilan. Ditambah lagi jarang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

Oleh karena itu, penting melakukan pengaturan ulang pikiran dengan cara melakukan meditasi. Atau mengikuti kelas yoga untuk menenangkan tubuh dan secara perlahan mengembalikan mood untuk kembali bekerja.

  1. Buat To-Do-List

Sebagai persiapan, tidak ada salahnya jika kamu membuat rencana aktivitas di kantor esok hari. Tulis dan rinci apa saja hal yang perlu dilakukan. Hal ini akan membantu me-recharge pikiran. Sekaligus membantumu tetap fokus selama bekerja. Namun, jangan terlalu memberatkan diri. Kamu bisa letakkan tugas yang berat di akhir hari, dan kerjakan dari yang termudah terlebih dahulu.

  1. Pastikan Tidur Berkualitas

Melakukan perjalanan panjang dari kampung halaman atau tempat liburan lainnya bisa membuatmu kelelahan. Karena itu, seorang clinical psychologist Linda Smith menekankan pentingnya mengembalikan kebugaran tubuh, dengan memastikan tidur cukup dan berkualitas.

“Kekurangan tidur bisa mempengaruhi mood serta performa keesokan harinya,” kata Linda di laman Entrepreneur.

  1. Asupan Nutrisi yang Cukup

Yang tidak kalah penting, yaitu memastikan asupan nutrisi yang cukup. Perbanyak konsumsi makanan bergizi, mulai dari kacang-kacangan, buncis, dan biji-bijian yang kaya akan vitamin. Makanan tersebut juga mempunyai dampak yang baik untuk menenangkan tubuh, meningkatkan mood dan membantu mengurangi kecemasan, loh.

Jika asupan makanan belum terpenuhi, maka cukupi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi suplemen yang tepat, serta dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan suplemen dengan kandungan vitamin, mineral, atau zat lain mampu meningkatkan respons sistem kekebalan dalam tubuh.

Jadi, tubuh tetap fit dan terhindar dari paparan penyakit. Salah satu multivitamin yang bisa dikonsumsi, yaitu Horvita-G. Suplemen ini diperkaya dengan kandungan ginseng, royal jelly, asam folat, vitamin C, A, B Complex, E, dan kalsium.

Dengan seluruh kandungan tersebut, Horvita G diyakini efektif untuk meningkatkan kesehatan dan energi akibat kelelahan, serta memulihkan kesehatan setelah sakit. Diketahui, Horvita-G adalah multivitamin dari PT Samco Farma yang bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh yang sebelumnya sudah letih akibat bepergian jauh.

 

Sumber : https://health.detik.com/

Sang Pembelajar

Related Posts

Tinggalkan Balasan