Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack tidak lagi mendukung CSS Kustom. Baca dokumentasi WordPress.org untuk mempelajari cara menerapkan gaya kustom untuk situs Anda: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u7916838/public_html/domain/fajarnurzaman.net/wp-includes/functions.php on line 6078
7 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh untuk Mengobati Penyakit - Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar

7 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh untuk Mengobati Penyakit

Pohon kelor merupakan tanaman asli Indonesia yang disebut-sebut sebagai pohon obat. Bukan hanya mitos, tetapi tumbuhan ini memang mengandung berbagai zat yang mujarab untuk mengobati berbagai penyakit.

Daunnya menjadi bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk pengobatan atau pencegahan penyakit.

Mengenal Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Setelah mengetahui ini, kamu akan lebih maklum mengapa tanaman daun kelor sejak dahulu suka tumbuh di pekarangan rumah warga.

Mereka pasti ingin mengambil khasiatnya untuk pengobatan. Simak yuk penjelasannya!

1. Mengatasi diabetes

Manfaat daun kelor yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk menangani diabetes. Khasiat dari daun kelor untuk diabetes bisa mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, daun kelor dapat juga mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

2. Menangkal radikal bebas

Selanjutnya, salah satu manfaat daun kelor yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu ini yakni mampu melawan radikal bebas.

Daun kelor kaya akan antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas sebelum diserap dan masuk ke dalam sel tubuh. Jika radikal bebas sampai masuk ke dalam sel tubuh, maka akan memicu penuaan dini dan kerusakan organ.

3. Meredakan peradangan

Bisa dikatakan, peradangan adalah akar dari berbagai jenis penyakit, mulai dari radang tenggorokan, radang paru-paru hingga radang usus.

Dengan menyeduh daun kelor yang kaya akan senyawa quercetin dengan air panas atau teh dapat meredakan berbagai peradangan. Bisa juga dikonsumsi langsung sebagai sayuran.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor berikutnya yaitu ampuh untuk menurunkan kolesterol. Ini sudah dibuktikan melalui studi yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology, dimana dalam pembuktiannya menyatakan bahwa daun kelor bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Menandakan bahwa daun kelor mampu menyeimbangkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi berisiko menyebabkan penyakit jantung.

5. Melawan infeksi

Menurut sebuah penelitian dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, daun kelor mampu melawan pertumbuhan virus atau bakteri penyebab infeksi dalam tubuh lantaran tumbuhan kelor ini berfungsi sebagai agen antimikroba yang ampuh.

6. Mencegah kanker

Antioksidan dalam daun kelor sangat tinggi, di luar itu daun kelor memiliki banyak kandungan potasium sehingga dapat mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan memperlambat bahkan menghentikan atau menyingkirkan sel kanker yang ada dalam tubuh.

7. Menyembuhkan rematik

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah dapat menyembuhkan rematik. Daun kelor sangat baik dalam penyembuhan rematik karena bisa mengurangi rasa sakit dan penumpukan asam urat pada sendi.

Itu hanyalah sebagian dari manfaat daun kelor.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya yang dimiliki oleh daun kelor untuk pengobatan. Tak heran mengapa daun kelor semakin populer di mancanegara, karena memang tumbuhan kelor ini sangatlah berkhasiat. Akan semakin baik jika daun kelor dikonsumsi setiap hari.

Sumber :  Popmama.com

 

Sang Pembelajar

Related Posts

Tinggalkan Balasan