Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack tidak lagi mendukung CSS Kustom. Baca dokumentasi WordPress.org untuk mempelajari cara menerapkan gaya kustom untuk situs Anda: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u7916838/public_html/domain/fajarnurzaman.net/wp-includes/functions.php on line 6078
Derita Hipertensi? Coba Konsumsi Cokelat Tiap Hari - Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar

Derita Hipertensi? Coba Konsumsi Cokelat Tiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Ada cara mudah dan efektif yang bisa Anda terapkan untuk mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain melakukan pola hidup sehat, Anda juga bisa mengonsumsi cokelat hitam setiap hari.

Seperti dilansir WebMD, Rabu (17/5/2017), temuan ini didapatkan dari studi yang dilakukan di Jerman.

“Sepotong cokelat hitam mampu mengurangi tekanan darah secara efisien,” ujar ilmuwan, Dirk Taubert, MD, PhD, dari German University Hospital of Cologne.

Menurut Taubert, porsi cokelat hitam yang diberikan selama masa penelitian dibatasi 30 kalori per hari selama 18 minggu. Studi ini melibatkan 44 orang dewasa berusia 56-73 tahun.

Sebagai perbandingan, kelompok lainnya diberikan cokelat putih dengan porsi yang sama. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi cokelat hitam memiliki tes tekanan darah yang baik pada akhir studi.

Studi yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association ini memang tidak menunjukkan secara pasti bagaimana cokelat hitam mempengaruhi tekanan darah. Namun, para peneliti mencatat bahwa senyawa yang disebut flavanol mungkin berperan dalam menurunkan hipertensi.

Bagaimana pun para peneliti tetap mencatat diet sehat, olahraga, dan kehilangan kelebihan berat badan penting untuk menurunkan hipertensi.

 

Source link

Sang Pembelajar

Related Posts

Tinggalkan Balasan