Close

Lupakan Kafein, Naik dan Turun Tangga Bikin Tubuh Lebih Berenergi

Liputan6.com, Jakarta Peneliti menemukan 10 menit berjalan naik dan turun tangga dengan intensitas sedang membuat Anda merasa lebih berenergi. Efek ini lebih bermanfaat daripada Anda harus mengonsumsi 50 miligram kafein (angka ini setara dengan jumlah yang bisa diperoleh dari soda)

“Kami menemukan, baik kafein dan plasebo (obat yang dibuat tanpa bahan kimia yang hanya berisi cairan garam) tidak banyak perubahan dalam perasaan mereka,” kata peneliti Patrick J. O’Connor, Profesor di University of Georgia, Amerika Serikat.

Namun, olahraga dapat membuat mereka merasa lebih energik dan kuat. Sementara itu, ketika mereka konsumsi 50 miligram kafein, efek yang diperoleh tidak besar.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Physiology and Behavior pada 14 Maret 2017 bertujuan mensimulasikan rintangan yang dihadapi dalam lingkungan kantor, tatkala para pekerja menghabiskan berjam-jam duduk dan menatap layar komputer dan tidak sempat berolahraga di siang hari.

Untuk penelitian ini, peserta diminta  mengonsumsi kafein atau plasebo.

Peserta juga menghabiskan 10 menit berjalan naik dan turun tangga, sekitar 30 lantai dengan kecepatan rendah.

“Banyak orang yang bekerja di gedung perkantoran memiliki akses tangga. Jadi ini adalah pilihan menjaga kebugaran saat beristirahat sejenak dari pekerjaan,” kata O’Connor, dikutip dari News Heads, Senin (24/4/2017).

Peserta studi adalah mahasiswa wanita yang menggambarkan diri mereka sebagai orang yang kurang tidur. Kafein dan olahraga tidak memengaruhi ingatan, tapi jalan di tangga dapat sedikit meningkatkan motivasi kerja.

Source link

Sang Pembelajar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: