Close

Wanita Perlu Penuhi 5 Nutrisi Ini agar Menopause Tak Menyiksa

Liputan6.com, Jakarta Perubahan hormon yang esktrem pada wanita terjadi saat mereka tengah mendekati fase menopause. Tak sedikit dari wanita yang mengalami beberapa masalah kesehatan dan mengalami banyak perubahan secara fisik dan non-fisik, termasuk perubahan pola makan.

Untuk menghindari efek buruk dari menopause, berikut nutrisi yang dibutuhkan wanita saat menjelang dan selama masa menopause-nya seperti dikutip Boldsky, Selasa (7/3/2017).

1. Kaya akan serat

Menambah makanan yang kaya serat seperti biji-bijian, sayur, dan buah dalam diet harian selama menopause dapat membantu serta mencegah terjadinya penambahan berat badan yang drastis.

2. Omega-3

Menambah asam lemak omega-3 merupakan salah satu sumber terbaik dari lemak sehat yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam diet.

3. Zat besi

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang dihadapi oleh banyak wanita di segala usia. Menambahkan makanan kaya zat besi seperti sayuran berdaun hijau, telur, buah delima, dalam diet harian dapat mencegah anemia.

4. Makanan berkalsium

Saat menopause, wanita akan mengalami degenerasi tulang dan berisiko terhadap osteoporosis. Oleh karenanya, wanita membutuhkan asupan kalsium seperti produk susu, sayuran berdaun gelap, salmon, dan biji wijen.

5. Vitamin D

Vitamin D juga mampu mencegah keropos tulang yang terjadi saat menopause. Anda dapat memperoleh vitamin D dari produk susu, santan atau susu almond.

Source link

Sang Pembelajar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: