Close

BMKG Rilis Aplikasi untuk Pantau Cuaca Saat Mudik Lebaran  



Selasa, 25 April 2017 | 20:24 WIB

BMKG Rilis Aplikasi untuk Pantau Cuaca Saat Mudik Lebaran  


Info gempa di barat daya Garut, Jawa Barat melalui akun Twitter resmi BMKG. Twitter.com


TEMPO.CO, Jakarta — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus mengembangkan aplikasi informasi cuaca dalam menghadapi mudik Lebaran Idul Fitri 2017.

”Terkait dengan produk aplikasi mobile, baik berbasis Android maupun iOS, kita diminta mengembangkan lagi sehingga para pemudik bisa mendapatkan informasi cuaca dan iklim, bahkan gempa bumi yang terjadi di mana pun mereka berada,” kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta, Selasa, 25 April 2017.

Menurut Andi, hal itu merupakan tantangan bagi BMKG karena akan menghadapi hari raya Idul Fitri yang diperkirakan pada 25-26 Juni 2017.

Saat ini, BMKG telah menghasilkan aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh secara gratis di Android ataupun iOS, yang berisi berbagai macam informasi tentang cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi. 

Aplikasi tersebut merupakan inovasi yang dikembangkan BMKG untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka Rakornas BMKG mengatakan BMKG merupakan penyedia informasi terkait dengan cuaca, iklim, gempa bumi, dan lainnya, karena itu harus terus melakukan inovasi sehingga informasi yang dihasilkan bisa sampai ke masyarakat. 

Selain itu, BMKG, menurut Budi, harus mengaplikasikan teknologi yang ada, dan di sini perlu kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dengan memanfaatkan teknologi yang sudah dihasilkan sehingga tidak bergantung pada teknologi impor, yang akhirnya akan mengurangi pengeluaran.

ANTARA

Source link

Sang Pembelajar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: