Close

Zikir-zikir Paling Dicintai Allah SWT

ZIKIR adalah kunci ketenangan dan kebahagiaan hidup di dunia serta kesejahteraan di akhirat kelak.

Saking pentingnya zikir, tujuan utama dari perintah shalat adalah mengingat Allah Ta’ala ketika berdiri, rukuk, duduk, sujud, dan dalam kehidupan selepas salam. Sedangkan shalat merupakan amal yang pertama dihisab di akhirat kelak.

Berdizikir hendaknya menjadi kebiasaan seorang hamba yang beriman. Jangan lalai apalagi enggan. Upayakan. Prioritaskan. Tak ada yang lebih penting di dunia ini selain mengabdi kepada Allah Ta’ala, salah satunya dengan selalu mengingat nama-Nya di setiap jenak kehidupan.

Ada begitu banyak kalimat zikir yang disunahkan. Namun, ada di antaranya yang menjadi kalimat-kalimat yang paling disukai Allah Ta’ala.

Dua Kalimat

Sebagaimana disebutkan dalam al-Adzkar, Imam an-Nawawi mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda kepada Abu Dzarr al-Ghifari, “Maukah engkau kuberitahu kalimat yang paling dicintai Allah Ta’ala?”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah Ta’ala adalah “Subhanallahi wa bihamdihi” (Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya).”

Empat Kalimat

Empat kalimat ini amat masyhur di kalangan kaum Muslimin pecinta dzikir. Bisa diucapkan dalam satu kalimat utuh, dipisah-pisah, dan bisa dibaca sesuai kondisi seseorang.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Samurah bin Jundab, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Kalimat yang paling dicintai Allah Ta’ala ada empat.”

Ialah; “Subhanallah” (Mahasuci Allah), “Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah), “Laa ilaha ilallah” (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah), “Allahu akbar” (Allah Mahabesar).

Di akhir riwayat yang dikutip oleh Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar ini, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan petunjuk, “Tidak ada salahnya bagimu untuk memulai (membacanya)nya dari kalimat yang mana.”

Paling Utama

Diriwayatkan secara hasan oleh Imam at-Tirmidzi, Jabir bin ‘Abdillah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, zikir yang paling utama adalah “Laa ilaha ilallah” (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah).”

Ya Allah, bantulah kami untuk senantiasa mengingat nama-Mu, mudahkan dan istiqamahkan kami untuk mensyukuri semua nikmat-Mu, dan kuatkan kamu untuk membaguskan kualitas ibadah kepada-Mu. [bersamadakwah]
 

Sang Pembelajar

Related Posts

%d blogger menyukai ini: